Update alokasi investasi ku di Sep 2023

Iosi Pratama

Sekarang lebih banyak porsi untuk investasi ke bisnis sendiri.

Kali ini aku mau share sebuah perubahan alokasi investasi yang aku lakukan tiap bulannya setelah gajian.

Kamu bisa cek dibawah ini.

Beberapa catatan perubahannya:

Investasi yang aku maksut disini termasuk investasi jangka panjang. Tujuannya akhirnya adalah kebebasan finansial. Jadi untuk jangka pendek dan menengah seperti untuk nikah, bayar kontrakan rumah, kendaaran, dll - itu aku nyebutnya saving instead of an investment dan itu beda lagi. Ngga termasuk di porsi ini.

Profil resiko ku itu tinggi atau growth. I’m willing to take a higher risk to grow the wealth. Ini didukung karena aku ada porsi saving yang lain untuk kebutuhan jangkah pendek dan menengah.

Porsi paling besar sekarang di bisnis yg ingin ku rintis, mencapai 70%. Saham yang dari awalnya 70% ke maksimal 15-20%. Berubah cukup dratis. Disini pilihanku malahpake untuk hiring freelance/full-time bantu bikin produk/app.

Saham yang dari awalnya 70% ke maksimal 15-20%. Berubah cukup dratis. Selanjutnya pilihanku malah investasi ke saham US. VUG dan Shopify aja. Udah ngga invest di saham-saham Indo lagi karena perusahaan yang aku tahu dan punya potensi growth tinggi, ngga shariah. Misalnya Bank Jago.

Masih beli crypto terutama Bitcoin dan ETH walaupun dengan porsi yang lebih kecil. Aku masih yakin it's good assets to collect karena limitation supplynya.

Reksadana juga berkurang jadi 10% aja. Biasanya aku pilih reksadana dengan expense ratio yang paling rendah dan shariah tentunya.


Back to Blog