Pengalaman Membuka Peluang Investasi Mudharabah ke Orang Lain

Iosi Pratama

on July 18, 2019


Kemarin, Hari Rabu, 17 Juli 2019. Sekitar lebih dari pukul 9 malam. Saya memutuskan membuka peluang investasi untuk side-project/business saya yang bernama Pypal.

Pypal adalah sebuah layanan yang membantu user yang mau beli paypal untuk berbagai kebutuhan mereka.

Singkat cerita, Ide Pypal tercetus di Mei pertengahan karena saya sering banget ketipu kalau lagi butuh paypal. Setelah itu saya coba bikin prototype cepat, lalu test melalui Whatsapp Status. Dari beberapa umpan balik teman sepertinya ada kebutuhan disitu. Bahasa mudahnya ada yang mau beli. Lalu saya memutuskan untuk mencari partner yang bisa bikinkan aplikasi android. 1 hari, aplikasi android pypal pertama kali sudah jadi. Menggunakan Reach Native. Lalu di publish di Playstore menggunakan akun Google Play Mas Sigit (teman namun lebih senior - yang saya sangat hormati). Ternyata beneran ada yang pakai. Hingga satu minggu kemudian Mas Sigit sendiri yang membantu pengembangan aplikas Pypal menggunakan Android Native sehingga perfomanya lebih bagus. Berjalan 1 bulan setengah. Volume transaksi Pypal semakin bertambah. Allhamdulillah tentunya. Disatu sisi saya beberapa kali mengalami kekurangan stock sehingga ketika ada user yang mau beli Paypal dalam jumlah banyak katakanlah kemarin ada yang butuh $685 USD. Saya sering mendelay itu untuk membelikannya dari Supplier dulu, baru kemudian saya kirim. Karena hal tersebut bertolak belakang dengan value yang saya coba usahakan. Paypal masuk kurang dari 5 menit. Saya memutuskan untuk mencari Investor tambahan untuk kulakan. [caption id="attachment_1454" align="aligncenter" width="720"]

Pypal Cari Investor

Status WA Saya kemarin, lagi cari Investor[/caption] Diatas adalah status saya dalam mencari Investor. Sepengatahuan saya, Islam juga mengatur cara berinvestasi yang tepat. Nah saya tahu istilah Mudharabah dari lama, namun belum benar-benar mengetahui bagaimana cara kerjanya. Oke kemudian. Beberapa orang membalas status WA saya. Kebanyakan kenalan saya yang memiliki bisnis/usaha. Mereka menanyakan side-project nya tentang apa, lalu skema investasi nya bagaimana.

Mbak Elly

Mbak Elly adalah seorang teman dekat, juga freelancer, dan juga punya usaha percetakan. Dia adalah orang pertama kali saya tawarkan untuk peluang Paypal ini. Dia tertarik karena tahu ini investasi yang low risk dan berpeluang jadi passive income. Namun satu-satu nya kendala buat dia karena belum ada uang cash yang senilai saya butuh. Pembayarannya masih tertahan oleh clientnya. Hehe, Kemudian dia tawarin ke tunangannya juga. Dan ternyata bersedia. Tapi baru cair bulan depan.

Pak Ahmad Aldjufri

Beliau adalah Direktur dari KAHA Travel Group. Sempat menanyakan tentang side-project saya lalu tentang skema investasi nya. Setelah saya coba jelaskan, beliaunya mengatakan kurang menarik hehe. Oke next,

Mas Iqbal (Iqbal Permana)

Beliau adalah founder dari Floo Studio. Sebuah studio web desain and mobile aplikasi yang sekarang berkantor di Sidoarjo. Mas Iqbal juga tertarik dengan Pypal. Mas Iqbal tahu Pypal juga sebelumnya jadi lebih aware. Dengan Mas Iqbal, kami sempat berbicara melalui telepon. Karena pengalaman dan pengetahuan saya yang minim tentang cara Mudharabah, Mas Iqbal banyak sharing bagaimana Mudharabah seharusnya dilakukan. Saya akan share ini dibawah nanti. Pada akhirnya, Mas Iqbal ini keduluan teman saya yang akan saya tulis berikutnya. Mas Iqbal mengatakan siap kalau misalnya saya butuh tambahan dana lagi untuk meningkatkan layanan. [caption id="attachment_1456" align="alignnone" width="821"]

Salah satu percakapan dengan Mas Iqbal

Salah satu cuplikan percakapan saya dengan Mas Iqbal[/caption]

Mas Nanang

Mas Nanang ini teman yang saya tumpangi kontrakannya di Pare sekarang ini. Sore tadi, saya bilang. "Mas, aku butuh Invest nih untuk Pypal buat kulakan sebesar $1000" Kemudian dia tanya buat apa, dan bagaimana cara kerja nya. Saya juga jawab. Pada akhirnya Mas Nanang tertarik dan investasi di Pypal. Allhamdulillah.

Mas Nanang Kirim 1000 USD

Bagaimana Sistem Investasi Mudharabah

Berikut saya akan share bagaimana saya membuka peluang Investasi Mudharabah dengan Mas Nanang. *Ini adalah hasil kesepakan bersama. Ada 2 pihak dalam Investasi mudharabah. Pengelola (Tim Internal Pypal) dan Investor (Yang menambah modal).

Lalu begini ketentuan investasinya:

Daftar Investor Pypal saat ini

[caption id="attachment_1455" align="alignnone" width="879"]

Daftar Investor Pypal

Daftar Investor Pypal saat ini[/caption]

Simulasi nya begini

Misalnya dalam satu bulan profit 5 Juta. Maka langsung dibagi 75% Untuk tim Pypal yang berarti Rp 3.750.000 Lalu 25% untuk dibagikan ke tim Investor sebenar Rp 1.250.000 Yang berarti 20% dari Rp 1.250.000 yaitu Rp 250.000 masuk ke rekening saya sebagai 20% Investor. 80% (Dari total Profit Investor Rp 1.250.000) Yaitu sebesar Rp 1.000.000 Di transfer ke rekening Mas Nanang sebelum tanggal 31. Nah seperti itu guys. Berinvestasi Mudharabah adalah investasi yang membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi antara pengelola dan investor. Disini passive income investor naik turun tidak seperti investasi di Peer To Peer Landing yang tiap bulan dapat tetap. Yang mau di diskusikan silahkan di komentar yaa.