Putuskan dengan baik 3 hal ini

Iosi Pratama

Keputusan dalam menjawab pertanyaan ini punya dampak yg cukup besar buat hidup kita. Menurut Naval Ravikant, di bukunya The Almanack of Naval Ravikant salah satu chapternya, kemudian Warrent Buffet juga sempet mengatakan hal yang sama di salah satu video nya.

Ada 3 pertanyaan yang punya dampak jangka panjang ke kehidupan. It’s a long-live decision which has long-term consequences.

Sehingga untuk memikirkan dan menjawabnya perlu pertimbangan yang cukup mateng.

Disarankan juga oleh mereka berdua untuk tidak tergesa-gesa dan lebih selektif.

3 pertanyaan tersebut adalah

  1. Dimana kita tinggal?
  2. Siapa yg akan kita nikahi?
  3. Apa dan dengan siapa kita bekerja

Mari kita bahas satu persatu.

Dimana kita tinggal?

Keputusan ini akan berpengaruh terhadap mindset dan perilaku kita dalam jangka panjang. Dengan siapa kita akan bersosialiasi, bagaimana kita hidup, bagaimana kualitas bahasan dan diskusi di sekitar, apa issue yg mereka pedulikan, dll.

Selain itu juga berpengaruh terhadap kesehatan meliputi bagaimana lingkungannya, kualitas air, udara dan kualitas makanan di sekitar, akses fasilitas kesehatan dan supply chain lainnya untuk kebutuhan bertahan dan penunjang hidup.

Selain itu, terutama buat kita yang punya anak, dimana kita tinggal juga berpengaruh terhadap pendidikan, apakah ada sekolahan yg bagus, toko buku, dll.

Banyak sekali aspek kehidupan yang dipengaruhi oleh pertanyaan yg pertama ini sehingga Naval Ravikant mengingatkan untuk lebih deliberate dalam memutuskan.

Siapa yg akan kita nikahi?

Pertanyaan berikutnya yg juga ga kalah pentingnya menurut Naval Ravikant adalah bagaimana kita memilih pasangan hidup.

Siapa yang akan menjadi teman hidup karena nantinya kita akan tinggal dengannya melakukan seluruh aktivitas kehidupan serta detail-detail lainnya.

Dia bisa menjadi supporter terbaik yang selalu ada untuk kita dan sumber kebahagiaan, namun juga bisa menjadi sumber misery.

Apa dan dengan siapa kita bekerja?

Pekerjaan adalah salah satu keputusan yang setelah kita ambil, kita perlu commit untuk waktu yang tidak sebentar.

Jadi bekerja di perusahaan yang menginspirasi, memberikan peluang kita untuk tumbuh dan belajar, coworker yang supportive dan nice, serta kompensasi yang membuat kita punya taraf kehidupan yang cukup atau nyaman menjadi penting banget.

Kalau bisa, don’t work only for money sehingga kita terjebak dalam rutinitas, but for lessons dan experiences.

Itu lah 3 keputusan penting yang kita perlu spend waktu lebih untuk memikirkan dan memilihnya.

Categories: Self-help

Back to Blog