RPL InMove sebuah cerita dari XI RPL 1

Iosi Pratama

RPL Innovators Movement atau lebih dikenal dengan RPL InMove adalah sebuah gerakan bagi teman-teman XI RPL 1 yang menginginkan perubahan di sekolah.

Kami percaya untuk menjadi sekolah yang terbaik tidak bisa hanya dengan menunggu, harus ada siswa yang memang peduli dan rela untuk menggunakan segenap tenaganya untuk membuat perubahan bagi sekolah.

Untuk itulah berawal dari banyaknya masalah yang menghampiri XI RPL 1, 6 siswa yang sering pulang lebih lama daripada lainnya berinisiatif untuk memang benar-benar membuat perubahan.

Dialah: Yanuar Tri Kristiawan, Ferry Kurnia, Hermawan Arga Saputra, Khalid Aryant, Zulkifly Mustova, dan saya sendiri.

Kami membuat sebuah wadah bagi siswa yang diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan diri. Kami percaya dengan menciptakan ekosistem siswa kreatif di bidang digital teknologi. Kami dapat menciptakan berbagai inovasi baru yang tentu menantang status quo.

Lalu bagaimana kami menciptakan ekosistem kreatif tersebut? RPL InMove adalah jawabannya. Tepat di ulang tahun Smekda, 12 Januari 2016, RPL InMove didirikan.

RPL InMove merupakan sebuah komunitas siswa kreatif dan peduli untuk menciptakan perubahan.

Berbagai kegiatan yang kami lakukan diantaranya adalah meetup, discussion, dan sharing session.

Meetup adalah kegiatan dimana ada satu orang share ilmu yang diketahuinya. 1 Orang sebagai pembawa meetup dan yang lainnya mendengar. Untuk meetup sendiri sudah dilakukan 6 kali, tepat 2 minggu lamanya setelah didirikan. Meliputi berbagi ilmu pengetahuan.

Lalu  untuk discussion adalah kegiatan dimana kita dapat berdiskusi menemukan sebuah solusi yang gali permasalahannya. 

”Kegitan yang terakhir adalah discussion. Kita dapat berbagai pikiran semua hal yang kita ketahui. Bisa saja berupa trend teknologi terbaru, apa produk google terbaru, dan seputar hal lainnya.

Selepas di bulan januari, kami berkembang dengan membuat 3 class baru yaitu, Mobile Class, Web Design Class, dan Game Dev Class. Karena kurangnya persiapan dan belum mempunyai pembimbing yang tepat, 3 class diatas tidak jalan.

Hari ini adalah senin, 30 mei 2016. Perjuangan mendirikan ekosistem siswa kreatif masih berlanjut. RPLInMove dari sebuah komunitas bertransformasi menjadi ITClub. Walaupun belum resmi dan belum diakui oleh sekolah. Kegiatan kami terus berlanjut. Dengan support bapak ibu guru.

Kami terus memperjuangkan misi kami, untuk dapat mengekplor semua potensi diri nya. Mengubah potensi diri menjadi aksi nyata.

ITClub SMK Negeri 2 Surabaya dengan semboyan “Kreatif , Inisiatif, dan Inovatif dalam bidang digital teknologi”

Untuk yang terakhir. Saya tutup dengan quotes dari Imam Syafi'i. Jika kau tak tahan lelahnya BELAJAR, Kau harus tahan lelahnya KEBODOHAN. 

Categories: Perspective

Back to Blog