Pesan untuk sesama generasi sandwich

Iosi Pratama

Yuk bisa.

Semangatakah kamu lagi nanggung orang tua juga saat ini? bantu biaya-in adik sekolah? dan diri sendiri dari sisi finansial? Aku yakin kamu bisa kok.

Ngga mudah emang.

Tapi kamu bisa loh memilih untuk kuat.

Bruce Lee pernah bilang “do not pray for an easy life, pray for the strength to endure a difficult one”.

Situasi yang sulit ini akan membantumu jadi pribadi yang lebih tangguh. Percaya deh. Ada beberapa pesan dari ku yg kebetulan generasi sandwich juga.

Belajar keuangan

Belajar apapun. Terutama belajar keuangan. Generasi sandwich biasanya diakibatkan karena orang tua yang tidak optimal dalam memanage keuangan di usia produktifnya sehingga saat di usia senja dan tidak lagi menghasilkan, bergantung pada anak.

Tugasmu sekarang, belajar keuangan sungguh-sungguh. Baca buku, dengerin di youtube, nabung, investasi, memperbaiki gaya hidup, dll.

Nabung

Iya nabung. Setiap gajian, alokasikan sekian persen untuk kamu tabung. Buat dana darurat. Ini penting banget untuk jaga-jaga saat ada situasi yg membutuhkan uang cash cepat, kamu bisa menghadapinya.

Investasi

Iya, kalo nabung buat dana darurat. Investasi ini buat mencapai tujuan financialmu jangka panjang. Mulai belajar juga segala hal tentang investasi. Apa aja. Aku rasa banyak sekali referensi di internet, baik itu berupa artikel maupun video youtube. Mulai rutinkan investasi. Kalau bisa, tingkatkan lagi jumlahnya.

Cari cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan passive income. 

Naik level di tempat kerja

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaa, naik gaji. Buat dampak yang lebih besar ke perusahaan sehingga kamu layak dan dipercaya untuk tanggung jawab yg lebih besar. Gaji biasanya berbanding lurus dengan tanggung jawab. Yuk tingkatin lagi skillsmu.

Side hustling dan berwirausaha

Kalo kamu bisa punya usaha sampingan. Maka itu lebih disarankan. Kadang untuk naik gaji butuh waktu yang ngga sebentar, setidaknya 6 bulan atau setahun setelah ada performance review.

Alternativenya yaa kamu bisa ngerjain sesuatu di luar kerjaan kantor. Entah itu freelance atau bikin usaha kecil-kecilan. Cari cara untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi. Dengan begitu kamu bisa nabung dan investasi lebih banyak lagi juga.

Menjadi sandwich generation bisa memberikan kita alasan yang kuat untuk lebih giat lagi dalam belajar dan bekerja. Perlu extra kerja keras tentunya. Tapi, aku yakin kamu bisa. Tujuannya adalah untuk bangkit sehingga anak kita nanti tidak menjadi sandwich generation juga.

Semangat!

Categories: Personal Finance

Back to Blog