Kebiasaan ngenalin ke Orang - Belajar dari Mas Arnold

Iosi Pratama

Saya masih di Jakarta untuk mengikuti beberapa acara yang bertemakan UX. Kemarin 3 Juli 2019, setelah mengikuti Product Development Conference (PDC 2019) dari pagi sampai jam 6 sore. Saya mengikuti acara yang membahas "Aligning UX Stragey with Data-Driven Design" yang diselenggarakan oleh UXTesting di Ruang&Tempo.

Singkat cerita salah satu yang jadi speaker adalah Mas Arnold. Arnold Saputra, Ex Head of UX dari Gramedia yang membantu Gramedia bertransformasi dari perusahaan yang UX Culture nya corporate banget menjadi lebih tepat a.k.a baik .... Sekarang jadi Senior UX Designer di Gojek. Di akhir sesi atau break, ada satu kebiasaan dia yang menarik. Menurut saya ini cukup menarik. Yaitu ngenalin orang ke orang lainnya.

"Ehh ini kenalin Iosi, UX Designer dari Surabaya aktif di UXiD"

"Ehh ini Tafia, Design Researcher dari Warung Pintar"

"Sudah kenal dia belum, kenalin ..."

Dia ngenalinnya ke speaker-speaker bahkan ke semua yang ada disitu. Saya berfikir apa yang dilakukan Mas Arnold ini sesuatu yang sangat bernilai apalagi kalau kita orangnya masih ragu untuk langsung menyapa dan mulai pembicaraan.

Satu dilain sisi karena ngerasa wahh dia Head of Design OVO, dia CEO UXTesting, UX Lead disini bla bla bla Jadi ngerasa minder karena bukan siapa-siapa. Dengan dikenalin Mas Arnold ini membantu banget, atau setidaknya posisi kita keangkat oleh Mas Arnold itu sendiri sehingga terjadi pembicaraan disitu.

Bisa dibilang apa yang dilakukannya adalah apa yang disebut Servant Leader. Mengayomi dan memberikan ruang bagi yang lebih muda untuk bergerak maju.

Akibatnya saya kemarin jadi banyak kenalan yang menurut saya Insyaallah berguna untuk kedepannya.

Darisini saya belajar lagi hal penting yang perlu saya lakukan lagi nantinya untuk membantu menghubungkan antara kenalan dengan kenalan sehingga mereka saling tahu dan membuka berbagai kesempatan yang lain.

Categories: Work Self-help

Back to Blog