Review 2022 dan Rencana 2023

Iosi Pratama

Tahun ini menjadi tahun yang berat buatku namun memberikan banyak sekali pembelajaran sehingga aku ngerasa tumbuh.

Tahun ini kamu juga banyak belajar kan? 

Di tulisan ini aku lebih pengen recap apa aja yang terjadi selama setahunan terakhir dari sesi kerjaan, kehidupan, dll serta beberapa plan di tahun depan.

Semoga ada hal baik atau inspirasi yang bisa kamu petik. Mari kita mulai πŸ‘‡

Review 2022

  1. 🏑 Masih tinggal dan kerja dari Bali. Working remotely ngasih aku kesempatan untuk kerja dari mana aja, termasuk dari rumahku yang di Surabaya. Tapi aku ngerasa bisa lebih banyak belajar, grow personally and professionally saat tinggal di Bali. 
  2. πŸ‘¨β€πŸ’» Allhamdulillah, survive di Finblox. Pertama kali bener2 berat menjadi founding/lead design yg bertanggung jawab semua hal yg berhubungan dengan desain. Aku ngerasa capabilitas ku belum cukup awalnya. 2 Bulan pertama adalah yg paling berat karena aku harus cepat adaptasi. Allhamdulillah, I passed it.  
  3. ❌ Ngga aktif ngerjain proyek freelance lagi karena waktu dan energi terkuras buat Finblox semua. Alhasil, saat ada inquiry proyek masuk, aku kasih ke studio temen Sub1, Team Up, 10am, dan temen desainer yg lagi terima kerjaan lainnya. 
  4. ❌ Side-Project yang ke hold. Hampir sama dgn alasan di poin 3. Mulai dari nulis buku, photography, termasuk newsletter ini. 
  5. πŸ“š Lebih sering baca buku. Tahun ini ngga terlalu ngitungin berapa total buku yg aku baca sampai selesai. Kemungkinan 15 an. Ada beberapa buku yang aku baca berulang-ulang untuk bener2 paham dan bisa praktikin isinya misalnya The Almanack of Naval Ravikant. Kindle ngebantu bgt disini untuk balikin kebiasaan membaca ku. 
  6. πŸ”΄ Masih sering ngga konsisten. Entah itu belajar bahasa baru, desain (motion, icon, etc), atau pun kebiasaan baru lainnya (kalistenik, tidur tepat waktu, makan teratur). Seringkali aku gagal setelah beberapa hari. Duhh. 
  7. πŸ“‰ Rutin investasi saham perbulan saat harga lagi crash. Mencoba praktekin apa kata Warren Buffet β€œBe fearful when others are greedy. Be greedy when others are fearful”. 
  8. 🌱 Nabung rutin di Bibit untuk pengeluaran jangka waktu menengah seperti dana darurat, kontrakan rumah, nikah, dan traveling. 
  9. πŸ‡»πŸ‡³ Jalan-jalan ke Vietnam. Akhir tahun ini Allhamdulillah aku ngerasain kerja slash liburan dari Vietnam. Pengalaman yg cukup menarik. 
  10. πŸ‘Ÿ Ngebiasain gaya hidup sehat. Usahain ke gym rutin, makan makanan yang bergizi, dan tidur cukup tiap harinya. Tahun ini aku lebih terhadap hal-hal yang berhubungan sama kesehatan physically and mentally. 
  11. πŸ› Renovasi kamar pribadi yg di surabaya. Karena ketertarikan ku di desain interior serta beberapa kali staycation di tahun ini membuatku pengen punya kamar yg senyaman di guest house/villa ala-ala Bali. Alhasil ku beli beberapa furniture dan ngerombak hampir total kamarku. 
  12. 🐦 Mulai pake social media lagi terutama Twitter and IG setelah di tahun-tahun sebelumnya ngga terlalu aktif. Aku set app limits ku 30 menit sehari untuk ini.

Rencana di 2023

Tahun depan will be another exiting yet surprising year buatku. Terus belajar pokok nya. Bismilllah. Ini beberapa spoilernya: 

  1. πŸšΆβ€β™‚οΈ Karena alasan prinsip. Aku mutusin resign dari Finblox. Ninggalin gaji lumayan, esop, bonus-bonus lainnya. Aku bakal stay di Finblox sampe Maret 2023. 
  2. πŸ” Cari tempat kerja yang baru. Aku nyari yang shariah-compliant bisnis, fintech-crypto-web3 atau SaaS, early-stage startup, dan remote.
  3. πŸ¦„ Terus belajar dan berproses untuk menjadi produk desainer yang lebih baik lagi. Terutama di bagian articulating design decision. 
  4. πŸ– Kemungkinan masih stay di Bali, terbuka terhadap kemungkinan untuk pindah juga. 
  5. 🌐 Memperbarui website pribadi. Selain karena untuk update portfolio, aku juga pengen memperbarui desain blog ku. 
  6. πŸ’ͺ Melanjutkan kebiasaan baik yang udah di mulai dari tahun ini maupun sebelumnya. Nabung & investasi tiap bulan, olahraga, belajar, dll. 

Terima kasih 2022. Semoga tahun depan kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta angan-angan yang kita inginkan, bisa tercapai. 

Sampai jumpa di tahun depan. 

Categories: Life Updates Reviews

Back to Blog