Hampir Lupa Rasanya Menulis di Blog ini

Iosi Pratama

on October 20, 2021


5 bulan berlalu tanpa tulisan baru di blog ini membuat ku lupa bagaimana rasanya begitu bersemangat dulu untuk menuangkan cerita atau gagasan yang telah aku pelajari.

Padahal menulis telah menjadi teman dan sarana saat ku sedang ngerasa gelisah.

Setelah mencoba refleksi apa yang telah terjadi sehingga aku belum menulis lagi dalam waktu yang cukup lama.

Ada beberapa hal yang aku yang lakukan ternyata

Kerjaan Freelance yang lumayan banyak

Dalam 3-4 bulan terakhir, setiap bulan aku selalu ada kerjaaan freelance yang aku kerjakan di luar jam kerja. Sehingga, saat pulang kerja ataupun weekend ngerjain proyek klien adalah prioritas yang lebih utama.

Alhasil udah ngga ada porsi waktu lagi untuk menulis.

Menunggu pembaruan website

Oh iya, ini adalah sebuah hal yang cukup bersemangat. Blog ini udah ngga pakai WordPress lagi sebagai platform penulisan. Melainkan, aku bikin ini dari scratch.

Literally bukan aku sih, karena aku minta tolong temenku untuk ngodingnya. Tapi intinya udah full custom sehingga bisa aku edit sesukaku nantinya. Sekarang ini masih proses pemindahan konten dari website ku yang lama ke yang baru ini.

Liburan yang hampir tiap sabtu minggu

Iyahh, bener. Temen kantor hampir tiap sabtu dan minggu dalam beberapa bulan terakhir selalu ngajakin untuk liburan. Entah itu staycation atau hal-hal yang dilkakukan bersama.

Karena otak sudah terlalu capek dengan kerjaan kantor, jadinya aku memilih ikut mereka. Untuk refreshing dan memberikan jeda sejenak.

Slowing down.

Aktifitas2 yang juga ke hold

Selain ngga nulis di blog ini, Ada beberapa aktfitas lainnya seperti bikin desain case study, nulis newsletter, nulis di medium, proyek ambil foto, bikin desain template menguploadnya di komunitas, dll yang juga ngga aku lanjutin.

Hanya punya waktu 24 jam membuatku tak bisa mengerjakan semua itu.

Sengaja Menunda. Ngga nulis

Pada akhirnya ini yang bisa mendeskripsikan kejadian sebenarnya. Kalaupun ada kerjaan sebanyak apapun, selalu ada waktu jeda atau beberapa menit sebelum tidur.

Tapi aku ngga pake waktu itu nulis. Melainkan untuk hal seperti nonton film, youtube, atau sekedar scrolling twitter.


Baiklah, setelah ini gimana kelanjutannya?

Kini kucoba untuk menulis lagi. Website sudah hampir jadi pula. Ini jadi hal yang bikin aku semangat lagi.