Allah ganti yang lebih baik - Episode kerjaan

Iosi Pratama

Akhir tahun lalu, aku inisiasi No Riba Project. Sebuah gerakan pribadi untuk sedikit demi sedikit menghindari riba dan practice more islamic finance.

Project ini membuatku ambil keputusan untuk resign dari kantor lama ku di Finblox. Finblox sendiri adalah aplikasi yg memungkinan penggunanya untuk mendapatkan bunga dari crypto yg mereka depositkan. Jadi salah satu main business model nya mengandung riba. Mirip bank.

Berat. Karena, I'm earning good money, ESOP (saham), plus coworker yg supportive and nice serta bonus2 yg lain. The company is generous enough to their employee.

Regardless all of those. I decided to quit.

Bulan ini, April 2023. Setelah 4 Bulan berlalu masa notice leaving ku dimana aku ngga terlalu putting effort to apply.

Alhamdulillah, Aku gabung perusahaan baru. Ada aja jalannya. Tappz, sebuah studio aplikasi asal Jerman. Menariknya semua harapanku yg aku tulis sebelumnya mostly ada di perusahaan ini.

Allah telah ganti yg lebih baik. Kontan.

Gaji di Finblox yg menurutku udah gede dan aku sempet ragu bisa dapat yg sama di perusahaan selanjutnya melihat demand desainer yg berkurang serta supplynya dimana-mana karena trend layoff.

Ternyata Allah nunjukin kebesarannya.

Salary ku di Tappz naik dan hampir double. Selain itu, ada kondisi lainnya yg juga menurutku adalah nikmat yg ngga bisa aku dustakan.

Kesempatan shaping culture di company karena aku join sebagai karyawan ke 4, doing the early-work which is kesempatan berharga buat orang yg pengen bikin perusahaan sendiri nantinya.

Kesempatan untuk desain aplikasi yg bener2 cantik walaupun itu takes more time and effort, ngga lagi ngejar rilis cepet seperti di startup2 umumnya.

Desain SaaS. Lebih banyak ruang untuk di explore daripada Fintech dan crypto yg sering terkendala regulasi.

Shariah compliance business. Cara nyari duitnya kita pure dari subscription.

Kesempatan traveling ke Europe. Saat baru gabung, CEO nya udah bilang nantinya pengen undang aku untuk kerja dari Jerman. I'm super excited about this.

Work-life balance nya kerasa bgt. Ngga terlalu tergesa2 dan pengen serba cepet.

Dll

Alhamdulillah.

Sekali lagi Allah ganti dengan yg lebih baik. Asalkan kita yakin dengan janji Allah dan kita patuh. Sami'naa wa atho'naa.

Buatku ini hanya salah satu bukti dari sekian banyak yg udah terjadi sebelumnya. 

Kutulis tulisan ini saat nunggu buka puasa dan ingin ku akhiri dengan QS As-Saaf Ayat 10. 

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا هَلۡ اَدُلُّكُمۡ عَلٰى تِجَارَةٍ تُنۡجِيۡكُمۡ مِّنۡ عَذَابٍ اَلِيۡمٍ 

Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?

Baca tafsir lengkapnya disini yaa

Categories: Work

Back to Blog