Renungan untuk Designer dari Brian Chesky

Iosi Pratama

on March 10, 2018


Brian Chesky adalah seorang designer dan co-founder dari sebuah sebuah startup yang bernama AirBnb. Pagi ini, setelah saya belajar beberapa materi di Online Course-nya Udacity dan IndonesiaX untuk minggu ini, saya googling kesana sini hingga tersesat di Medium nya Brian Chesky. https://medium.com/@bchesky Dan menariknya, ada beberapa hal yang saya catat dari beberapa tulisan dia di Medium.

Perkataan professor nya yang membuat selalu bersemangat

You're designer. You live in other people's worlds because they designed that world for you, but those people were not smarter than you. It's your time to design that world you live in.

Awalnya mungkin saya kurang paham memaknai perkataan tersebut. Namun setelah membaca berulang kali, saya baru dapat maksut dari perkataan tersebut. Perkataan tersebut memberikan nasehat pada Brian untuk

mengubah

, misalnya ada sesuatu yang kurang benar atau kurang baik (

) maka waktumu untuk mengubahnya (

). Ini kurang lebih sama seperti salah satu culture yang saya pelajari waktu internship di Start Surabaya dulu. Salah satu culture Kibar.

If you don't like something and you think make it better, change it

Don't edit your imagination

Sewaktu kecil kita masih memilki banyak sekali cita-cita, impian dan keinginan saat besar nanti mau jadi apa. Ingin jadi polisi, ingin jadi dokter, pengusaha, bahkan beberapa teman kecil kita mungkin menyebutkan ingin jadi presiden. Dalam kasus si Brian Chesky, saat dia belajar di RISD (

), salah satu professor nya mengatakan satu hal yang selalu dia ingat yaitu:

If you can imagine it, you can create it

Dalam tulisannya Brian Chesky mengatakan, impian dan imajinasi kita waktu kecil sudah sebaiknya terus kita bawa dan perjuangkan.