Kenapa saya berani ambil Online Course seharga 5.5 Juta, harga asli 9.7 Juta?

Iosi Pratama

on April 15, 2019


Tepat di jam sama, kemarin malam saya memutuskan untuk benar-benar ambil kursus online dari Ran Segall Webflow Masterclass. Webflow Masterclass Online Course tersebut berisi tentang tutorial dan pengalaman Ran dalam membangun website menggunakan Webflow serta best practice yang perlu diperhatikan. Dia Freelance Designer yang ngerjain proyek UI, UX, dan web desain. Harga asli dari online coursenya $695 USD (Sekitar 9.7 Juta) namun karena saya ikut Webinar nya jadi dapat potongan $300USD. Harga Online Course WFM Jadi harganya $395 USD atau sekitar 5.5 Juta sekian ribu rupiah.

Pertanyaannya kenapa saya berani ambil online course ini?

Okee disini saya coba tulis beberapa hal pentingnya.

WordPress menjadi komoditas, sedangkan ngoding web dari scratch butuh waktu

Btw, sekarang saya lagi freelance. Kebanyakan proyek yang saya kerjakan seperti Desain UI untuk landing page, UI ajaa untuk aplikasi, Desain UI UX untuk aplikasi, dan lebih seringnya web desain. Saya menemui agak susah kalau mencari projek UX sebagai freelance karena kita butuh waktu yang cukup untuk bener-bener memahami konteks masalah yang ingin diselesaikan atau konsep dari aplikasi tersebut. Alhasil, yang lebih kelihatan time frame nya adalah proyek desain UI dan web desain. Khusus web desain nya biasanya saya menggunakan WordPress untuk mendesain. Sejauh ini pakai template yang ada kemudian saya kustom sesuai kebutuhan. Nah masalahnya di WP kita nggak bisa begitu custom tampilan semaunya. Sangat tergantung dengan tema yang dipakai. Sedangkan client yang bagus (*

) itu client yang mau website nya stand out. Katakan nggak biasa atau beda dari kebanyakan. Cek disini contoh website yang kekinian

http://pages.xyz/

Selain itu udah banyak kan juga (komiditas) layanan2 website instan dibawah 1 jutaan pakai tema WP dan langsung jadi. Saingan juga banyak kalau jatuhnya ke komiditas dan saya nggak mau bersaing di harga. Jadi kalau saya mau survive jadi freelancer saya harus belajar yang lain, nahh disini Webflow sangat menarik karena kita bisa mendesain web ala ala

http://pages.xyz/

dengan sangat efektif dan cepat.

Berani keluar dari zona jaman

Sampe sekarang saya deg deg an, karena 5.5 juta untuk 1 online course itu rekor baru bagi saya. Tapi yaa itu, menyambung alasan yang pertama. Selama ini saya masih pake WP untuk bikin website untuk klien. Itu zona zaman banget karena WP yaa gitu-gitu ajaa. Dengan ambil online course yang agak "mahal" saya merasa benar-benar harus belajar yang giat biar nggak rugi. Nah ini lebih baik daripada tetap keep uang, tapi sehari-sehari gitu-gitu ajaa.

Yakin dengan ROI

ROI itu Return of Investment. Artinya manfaat dari apa yang kita perjuangkan. Iyaa, mengikuti nasehat Pak Tung (Tung Desem Waringin) di seminar Financial Revolutionnya investasi leher keatas selalu pay it forward lebih besar dan berkali-kali lipat. Saya juga berdoa semoga Allah bener-bener meridhoi keputusan ku dan membuka jalan-jalan yang lebih besar di kemudian hari.

Ran Segall itu orang yang saya banget

Salah satu faktor kenapa waktu ditawari diskon $300 USD saya langsung take action itu yaa karena saya udah online course ini udah lama Dan udah tahu si Ran Segall dari youtube dan tulisannya Dia bener-bener ngebuka banyak pikiran ku tengan bekerja, freelance, dan hal-hal yang seputar personal development. Selain itu ngambil online course juga berarti saya ada kesempatan untuk kontak dia secara langsung.

Yang jelas kenapa saya berani, yaa dipaksa berani dulu. Biar kebiasaan berani untuk belajar dari orang-orang yang expert meskipun kadang butuh investasi atau biaya yang lebih banyak.