Beberapa komunitas yang meningkatkan networking dan wawasan saya

Iosi Pratama

on July 19, 2016


1. Start Surabaya

Start Surabaya adalah nomor satu. Pertama kenal Start Surabaya saat ada Workshop Game Developer. Oh iya waktu namanya masih Next Start Surabaya. Tempatnya di Forward Factory, Spazio Lantai 7. Start Surabaya adalah kolaborasi dari Kibar, Emtek, Pemkot Surabaya, dan perusahaan lainnya. Mereka berjalan bareng karena punya visi jangka panjang. Untuk mendisruptive Arek Suroboyo agar punya mindset solve problem . Kedua kalinya mengikuti program di Start Surabaya adalah saat Indonesia Android Academy. Disana pertama kalinya saya belajar Pemrograman Android dan pengalaman itu belum pernah saya dapatkan ditempat manapun. Fasilitator disanapun ramah semua. Mereka bersama-sama membagikan value mereka ke orang lain. Sejak saat itu jiwa saya untuk Surabaya mulai membesar, saya harus memberikan dampak untuk Surabaya . Dan setelah program AAI , selanjutnya semua program di Start Surabaya selalu saya ikuti, tak peduli jauhnya jarak rumah saya dengan forward factory. Dan itu memberikan dampak luar biasa bagi saya . Start Surabaya juga inkubator startup tingkat kota pertama di dunia. Mentor-mentor disanapun keren-keren. Salah satunya Bu Risma (Walikota Surabaya), Ko Yansen (CEO Kibar) dan Achmad Zaky (CEO Bukalapak). Serta banyak mengundang expert untuk berbagi ilmu dan pengalaman ke pemuda di Surabaya . Startup jebolan Start Surabaya yang saya tahu adalah; Animini Motion, Kingdorm, Delihome, Reblood, Riliv, Olride, Balikin.id, Avnue, Pocket Money, Foodsessive.com .

From Surabaya for Better Indonesia

Visi yang sangat indah didengar namun penuh perjuangan. Bayangkan bagaimana sulitnya membuat mental mahasiswa menjadi entrepreneur ? Bagaimana membuat mereka percaya akan mimpi itu. Sejenak menomor duakan uang setelah value . Yaaahh, value adalah perioritas utama dari Start Surabaya . Start Surabaya adalah lingkungan dimana semua pemuda di Surabaya harus mengenal ini. Dari sinilah kelak the next Soekarno dalam bidang technology dilahirkan. Dan saya percaya itu . Selama di Start Surabaya saya bertemu banyak orang hebatnya yang yang paling saya idolakan adalah; Sutisna Mulyana, Leonika Sari, dan Ko Yansen. Ketiga-tiganya adalah orang hebat yang banyak memberikan inspirasi bagi saya. Dan saya punya alasan tertentu memilih mereka .

Website: http://www.startsurabaya.com

Google+: https://plus.google.com/+Startsurabaya

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCWAxY-R7xa7G7E2c1XB0M9w

Facebook: https://web.facebook.com/startsurabaya/

2. suWec

suWec (Surabaya Web Community) adalah bisa dibilang komunitas terbesar di Surabaya. Hingga 18 Juli 2016 , membernya adalah 4.820 di Facebook. Menurut salah satu inisiatornya Mas Muttaqin, Awalnya suWec fokus pada web, tapi sekarang suWec membahas semuanya, web, startup maupun marketing . Di suWec kita dapat belajar bersama, karena anggota yang bergabung disana juga orang-orang hebat. SuWec juga sering share tentang event penting, lowongan pekerjaan dan artikel-artikel inspiratif dalam dunia teknologi dan startup .

Facebook : https://web.facebook.com/groups/suwec/

Website : http://www.suwec.com/

3. Startup Speakup

Mas Yugo Artono, Founder dan CEO nya gelisah karena masih sedikitnya mindset technopreneurship di Surabaya. Cerita menarik adalah “Ada sebuah media startup yang berasal dari Singapura, mengadakan acara besar di berbagai kota di Indonesia, Mereka ke Jakarta , Bandung , Bali , dll , dan Surabaya dilewati. Apa yang membuat Surabaya gagal menarik perhatian dari media tersebut ?” Dari situ , Mas Yugo Artono dan teman-temannya punya impian besar, menjadi wadah ekosistem startup digital di Surabaya. Dengan begitu Surabaya akan menjadi Smart City dengan sendirinya . Selain itu, saya juga sangat ngefans sama Mas Yugo ini, Nasionalismenya tinggi banget. Terakhir , bila di hari senin jam 8–9 pagi, kamu masih belum sibuk, kamu dapat mendengarkan radio 96.00 FM untuk mendapatkan wawasan baru tentang startup .

Facebook : https://web.facebook.com/startupspeakup/?fref=ts

Instagram : https://www.instagram.com/startupspeakup/

Twitter : https://twitter.com/startupspeakup?lang=en

4. IoT Geeks

IoT Geeks adalah komunitas IoT terbesar di Surabaya. Inisiatornya adalah Mas Tiyo (CEO Cubeacon). Dia percaya di masa yang kan datang semua benda mati akan saling terhubung dan membuat dunia semakin terkoneksi satu sama lain. Surabaya butuh ekosistem khusus bidang Internet of Things . Saat IoT Geeks launching, waktu itu di Gerdhu. Mas Tiyo memberikan saya gambaran luas bagaiamana dunia kedepannya. Jam tangan pintar yang terknoneksi dengan rumah, kartu nama dengan kantor, dll IoT adalah kolaborasi dari Maker dan Hacker. Perangkat keras dan Perangkat Lunak. Dan bagi kamu seorang maker or hacker , atau yang ingin belajar IoT, gabung aja dulu sama grubnya nanti bisa tanya-tanya disitu .

Facebook : https://web.facebook.com/groups/1488060024834735/

5. Gadas

Game Developer Arek Suroboyo, ini bagi kamu yang ingin belajar Game Dev lebih dalam . Gadas adalah lingkungan / komunitas dimana kamu dapat belajar bareng-bareng tentang development game. Dulu sih saya sempat ikut, namun karena saya lebih pas sama Front End daripada game, yaudah lebih fokus ke Front End aja. Kita tahu kan, bagaimana boomingnya COC, Tahu Bulat, dan sekarang ini Pokemon Go. Untuk belajar membuat game, kamu tidak bisa sendiri. Bisa sih, namun pasti lebih hebat game yang dibuat berkolaborasi dengan orang lain. Jadi komunitas Gadas ini cocok bagi kamu . Terakhir , pesan dari Bu Risma “

” Jangan jadi pemain mulu dong , creator dong .

Facebook: https://web.facebook.com/groups/gamedevsby/?_rdr

6. Cangkruan KLAS

Komunitas Cangkruan KLAS ini lebih ke dunia Linux dan Open Source yang jadi pembahasannya. Ini menarik bagi saya karena sangat suka open source. Maklum OS saya linux. Saya nggak bisa ngomong banyak untuk Cangkruan KLAS karena belum tahu banyak. Bagi kamu yang penasaran , Join Grup aja .

Facebook : https://web.facebook.com/groups/Cangkruan.KLAS/

Saya ingin , semua arek-arek Suroboyo bergabung dengan semua komunitas diatas. Terutama harus kenal Start Surabaya. Yang masih SMA/SMK , Mahasiswa , atau siapapun mereka yang masih punya semangat belajar akan suatu bidang. Start Surabaya, suWec, Startup Speakup, IoT Geeks, Gadas, dan Cangkruan KLAS adalah beberapa komunitas yang telah meningkatkan networking dan wawasan saya. Saya percaya dengan ekosistem semua akan berjalan lebih cepat dan tahan lama. Silicon Valley adalah buktinya. Kita tahu bagaimana luar biasa mereka membangun ekosistem. Artikel ini saya tutup dengan quotes Henry Ford .

if everyone is moving forward together then success takes care of itself