Investasi! Mata Pelajaran Kehidupan

Iosi Pratama

Sangat sayang sekali kita di sekolah formal jarang membahas tentang Investasi, padahal ini salah satu aktivitas atau kebiasaan yang cukup penting.

Suatu kebiasaan dan sikap kita terhadap uang atau harta yang kita miliki. Sebuah sikap yang ketika dalam jumlah banyak mampu membawa sebuah negara berlabel "maju". Negara maju.

Disini saya coba bahas investasi yg berhubungan sama uang.

So what, gimana cara saya membiasakan berinvestasi? 

Yang pertama, aku banyak belajar melalui membaca buku dan video tentang kecerdasan finansial, tentang investasi, bagaimana mengatur uang, dan lain-lain.

Sejak oktober tahun lalu, bahkan saya punya sebuah episode hari, yaitu Jum'at Investasi. Hari dimana saya wajib investasi. Itu berlangsung hingga sekarang, dan semoga terus berlanjut. Beberapa platform tempat saya investasi misalnya Bareksa(Reksadana), Bukareksa (Reksadana), Crowde (Pertanian), iGrow (Pertanian), Luno (Bitcoin), dan Akseleran (Alat Berat).

Oh iyaa beberapa tips kalo kamu berencana berinvestasi

1.Usahakan uang yang kita investasikan adalah uang yg kita nggak butuh dalam waktu dekat atau menengah. Kalo belajar dari Warrent Buffet, bayangin setelah investasi, lalu kita tidak mengharapkan kembali dalam waktu lima tahun.

2.Diawal jangan fokus ke nomimal, tapi fokus ke kebisaan karena itu jauh lebih penting.

3.Kalo bingung mau investasi dimana, cara ku investasi ajaa di berbagai platform, nanti kita akan menemukan pola sendiri setidaknya setelah 3 bulan.

4.Udah mulai aja komitmen untuk belajar investasi dan praktik


Back to Blog