Djavaweb Design Sprint (Ringkasan Hari Ke-4)

Iosi Pratama

Hari terakhir design sprint adalah interview.

Djavaweb Design Sprint 4 adalah seri design sprint yang dilakukan oleh Djavaweb (tempat aku bekerja sekarang).

Untuk challenge yang kita pilih adalah bagaimana membantu developer handoff project ke client.

Solusi yang kita pilih adalah membuat wordpress plugin user on boarding.

Setelah hari pertama kita memetakan permasalahannya dan mensketching solusi. Kemudian di hari kedua kita membuat keputusan solusi yang kita pilih beserta membuat user story boardnya. Dihari ketiga adalah hari full prototype dan menulis script bagi yang bertanggung jawab sebagai interviewer. Hari terakhir atau hari keempat adalah saat nya validasi prototype kita ke user. ... Perlu diingat lagi bahwa design sprint yang kita gunakan adalah metode design sprint terbaru yang digagas oleh AJ&Smart dengan nama Design Sprint 2.0 Perbedaan mencoloknya adalah, metode terbaru hanya membutuhkan 4 hari.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=Z8MOwcqZuuU&w=600&h=400]

User

Sebelumnya tim dan decider memutuskan siapa yang menjadi user kita saat test nanti. Dalam kasus kita, decider nya yang mencari user yang pas sesuai persona dari produk yang dikembangkan.

Untuk usernya ada 5 orang, 3 test langsung dikantor dan 2 memalui online hangout.

Untuk waktu peruser maksimal 1 jam.

Interviewer

Untuk design sprint kali ini kebetulan saya yang bertugas menjadi interviewer nya. Setelah dihari sebelumnya saya menulis script interviewnya.

Hari ini saya mengkoreksi dan menambahkan beberapa pertanyaan penting. Kemudian di print.

Tips menginterview user

Saat test user pertama dan user kedua saya melakukan beberapa kesalahan yang sebaiknya tidak dilakukan di user interview.

Misalnya, saya sering menyimpulkan asumsi dari user.

Namun ketiga hingga kelima, saya berhasil memperbaikinya.

Tim

Untuk tim berada diruangan tersediri. Tugas meraka adalah mencatat setiap wawasan dan insight dari hasil setiap user test.

...

Refrensi:

Google Ventures, User Interviewing Tips (https://library.gv.com/get-better-data-from-user-studies-16-interviewing-tips-328d305c3e37)

IDF, How to Conduct User Interview (https://www.interaction-design.org/literature/article/how-to-conduct-user-interviews)


Back to Blog