Djavaweb Design Sprint (Ringkasan Hari ke-2)

Iosi Pratama

on March 28, 2018


Melanjutkan dari sesi Design Sprint sebelumnya, kali ini di hari ke 2. Saya sudah menuliskan ringkasan untuk Design Sprint hari pertama di tulisan sebelumnya yang dapat kamu baca dibawah disini (https://iosipratama.com/djavaweb-design-sprint-day-1/) Kita menggunakan design sprint 2.0 yang digagas oleh AJ&Smart. Ini merupakan cara melakukan design sprint terbaru yang juga disetujui oleh Jake Knapp (Author Design Sprint). Hari pertama design sprint kita banyak melakukan hal seputar maping permasalahan dan sketching solution. Output nya adalah kita menggambar di kertas rangkaian user story dan menambahkan deskripsi / keterangan disampingnya. Kemudian kertas itu dikumpulkan. Pada hari ini kedua ini, agenda yang kita lakukan adalah decide dan membuat storyboard. ... Seperti kemarin, design Sprint dimulai jam 9.00. Semua tim kumpul ke atas ke War Room. ..

Solution Presentation

  Sesi pertama di hari kedua ini dimulai dari kertas yang berisi rangkaian user story yang kita bikin kemarin itu kita tempelkan di tembok. Ini seperti sebuah pameran karya gitu.

Vote. 

Setelah semua solusi ditempelkan. Selanjutnya adalah kita vote dari solusi yang sudah ditempel di tembok tersebut. Semua tim mendapatkan unlimited vote. tim bisa vote di tampilan UI yang disukai, ataupun dideskripsinya yang kira-kira ini bisa kita pakai saat merancang tool user on boarding tadi. Bebas. ... Setelah vote ini selesai. kita masuk ke sesi berikutnya. Kali ini fasilitator meminta seorang volunteer untuk menuliskan ide besar setiap kertas / / user story yang dibuat sama tim. Kebetulan saya sebagai volunteer nya. Di sesi ini fasilitator membacakan setiap user story yang ada di setiap kertas. Kemudian saya sebagai volunteer menuliskan ide besar nya di post it yang kemudian di tempelkan di atasnya. Di sesi ini pula para pemilik user story / kertas mencoba menjelaskan apa yang dia maksut agar tidak ada ide besar / unik yang tertinggal.

Vote ke 2.

Setelah sesi sebelumnya selesai. Sekarang kita diminta fasilitator untuk melakukan vote kembali ide besar menurut kita yang sesuai dengan How Might We hari pertama dan menjawab Sprint Question hari pertama. Setiap tim mendapatkan 1 dot dan decider mendapatkan 2.

Story Board

Story board adalah sesi dimana kita menuliskan step-step user dalam menggunakan tool kita nantinya. Kali ini kita mendapatkan 6 post it untuk menuliskannya dari step pertama hingga ke enam.

Vote.

Setelah selesai menuliskannya, lalu kita menampilkannya di whiteboard. Lalu kita vote story yang menurut kita bagus. Setiap tim mendapatkan 1 vote. Kurang lebih story yang kita pilih seperti ini untuk plugin user on boarding kita. Asumsi kita, user setelah melakukan download plugin dan mengaktifkan plugin ini.

Selanjutnya, adalah sesi membuat wireframe. Namun, karena ada 8 block di papan untuk menggambarnya. Jadi sisa 2 tempat. Lalu kita berfikir kira-kira apasih yang bisa kita tambahkan ke 6 story diatas yang membuatnya lebih lengkap. Setelah beberapa waktu berdiskusi, Akhirnya kita memutuskan untuk menambah:

User mampu memilih walkthrough yang aktif maupun yang non aktif (7)

User mampu melakukan export import on boarding sehingga menjadi reusable (8)

Sehingga User Story nya menjadi lengkap 8 seperti ini:

    .... Setelah sesi ini adalah kita sesi membuat wireframe untuk prototype yang akan kita buat besok. Di sesi ini, kembali fasilitator meminta salah satu volunteer dari tim untuk membuat wireframe nya. Sedangkan yang lainnya memberikan masukan. Kurang lebih seperti proses pair design berlangsung. ... Sebelum proses membuat wireframe berlangsung, kita break makan siang dan sholat dhuhur dulu. Kita kembali lagi jam 1 siang. ... Jam menunjukkan pukul 1, kita kembali ke ruangan sprint.

Wireframing

Sesi berikutnya adalah kita membuat wireframe dari setiap story yang kita tentukan diatas. Sesi ini berlangsung kurang lebih 2 jam. Namun kamu jangan berfikir ini waktu yang panjang, karana 2 jam ini kita harus membuat 8 wireframe yang akan dibuatkan prototype besok. ... Hingga adzan ashar kita masih mampu membuat 6 story wireframe. Kurang 2 dan dilanjutkan setelah sholat ashar. ... Setelah sholat ashar kita melanjutkannya pembuatan wireframe ini kembali hingga selesai. ....

Output hari ini

Kita berhasil membuat delapan wireframe yang akan kita buatkan prototype besok.

Persiapan buat besok (Hari prototyping)

Untuk persiapan besok membuat prototyping sebelum di validasi ke user kita coba membuatnya lebih mudah dengan merencanakannya hari ini. Beberapa hal yang perlu disepakati adalah tool apa yang perlu dipakai, dan pembagian role nya untuk 2 hari kedepan. Beberapa role tersebut dibagi menjadi

- Biasanya Design / Engineer yang

membuat prototype

nya

- Orang yang

menghubungkan

hasil dari maker, misalnya ada beberapa maker

- Yang beranggung jawab

membuat microcopy

nya.

- Dia yang beranggung jawab

mengumpulkan asset

yang akan digunakan oleh maker untuk membuat prototype.

- Dia yang bertanggung jawab

menginterview

di User Test hari terakhir design sprint ... Tebak saya dapat tanggung jawab apa? ..... ... . Saya dapat tanggung jawab sebagai Interviewer. Bagi saya ini adalah tantangan dan sisanya .... saya harus banyak belajar tentang User Interview.