4 Hal Penting dari LKS Web Design Kota Surabaya

Iosi Pratama

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) adalah ajang paling bergengsi untuk SMK seluruh Indonesia. Lomba ini mempertandingkan dari ajang kota sampai dunia (World Skill Competition).

Allhamdulillah saya sebagai siswa yang mewakili sekolah untuk SMK Negeri 2 Surabaya dalam LKS Kota Surabaya yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Surabaya tanggal 1 September 2016, kemarin. Tentu ini adalah amanah yang luar biasa yang saya emban.

Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari Lomba ini. Dibawah ini saya bagikan untuk kamu:

Persiapan persiapan persiapan

Sangat disayangkan memang di sekolah semuanya berjalan begitu tergesa-gesa. H-7 Baru dibilangin kalo ada lomba. Hal ini terus menjadi status quo di sekolah. Tiap tahun berulang. Bagaimana Indonesia bisa berprestasi, bayangkan negara seperti jepang, dimana anak 7 tahun sudah disiapkan untuk olimpiade beberapa tahun mendatang.

Persiapanlah yang membedakan siapa yang lebih layak untuk menjadi terbaik.

Semua peserta LKS adalah siswa pilihan, jadi bertemanlah

Yah betul. Semua siswa atau peserta di perlombaan adalah siswa istimewa yang punya hasrat meningkat kemampuan dan wawasan mereka lebih jauh lagi. Mengingat omongan dari Juri LKS tadi, Sekarang bukan jamannya Daya Saing, namun Daya Sanding.

Jadi maksutnya kalo dulu orang satu sama lain saling bersaing, siapa yang lebih hebat. Namun untuk sekarang, orang-orang hebat tadi harus berkolaborasi untuk menciptakan dampak yang sebenarnya. Pernah dengar kah? Kamu adalah rata-rata 5 orang terdekatmu ? Kebayangkan kalo teman dekatmu preman? Apakah kira-kira kamu bisa jadi ustad? Tentu sangat sulit karena faktor lingkungan sangat berpengaruh.

So, ubahlah mindset sekarang, bertemanlah dengan orang-orang yang menurutmu hebat, tak peduli usianya lebih muda dari kita.

Nikmati Prosesnya.

Coba tanya ke orang-orang hebat atau millioner lah sekarang Apa yang paling membanggakan dalam hidup mereka? Kebanyakan akan ngomong saat membagikan pengalaman pahit mereka dan bagaimana cara mereka bisa bangkit dan meraih apa impian mereka. Sangat beda dengan mereka yang sejak lahir sudah kaya. Mereka tidak punya cerita yang kelak akan jadi kenangan yang sangat indah dalam hidup.

Jadi pelajaran dari LKS Kota Surabaya adalah bagaimana menikmati proses. Bukan hanya tentang juara. Setelah semuanya selesai dan saat kita mengingat momen-momen saat ngoding sampai malam, belajar web setiap hari dan simulasi lomba 10 jam nonstop di depan komputer, kita akan bangga dan bersyukur terhadapa kita sendiri walaupun bagi kebanyakan orang sangat melelahkan, buang-buang waktu, cari repot.

Semua pemenang adalah untuk Surabaya, Jawa Timur dan Indonesia.

LKS adalah bagian dari bagaimana pemerintah meningkat skill berbagai bidang dari berbagai daerah. Karena akan ada kebanggaan bagi daerah yang menjadi pemenang, maka setiap daerah akan memacu para talenta mudanya untuk belajar lebih giat lagi. Tujuan akhirnya adalah untuk Indonesia Raya.

Mungkin 4 Pelajaran diatas yang dapat saya tulis dari LKS Kota Surabaya Bidang Web Desain.

Kamu juga pernah ikut LKS Kota ? Ceritakan pengalamanmu di komentar agar semakin banyak orang yang mengetahui ceritamu. Oh iya , bagi kamu yang persiapan ikut LKS Kota, Provinsi, ataupun Nasional, Tulis apa saja persiapan yang sudah kamu lakukan untuk LKS tersebut.

Ingat Pelajaran 1. Pemenang adalah siapa yang mempersiapkan lebih banyak. Semoga menginspirasi.

Categories: Experience

Back to Blog