Catatan menarik dari 2018 Developer Skills Report by Hacker Rank

Iosi Pratama

on March 9, 2018


Masa depan cara bekerja akan berbeda. Apapun pekerjaanmu, akan lebih baik kalo kamu belajar ngoding karena itu melatih kamu untuk berfikir dalam menganalisa dan memecahkan sebuah permasalahaan yang berarti itu berdampak untuk mempermudahmu mengambil keputusan. Pagi ini di kantor, saya buka Slack team dan menemukan CEO kita membagikan sebuah link ke Developer Skill Report 2018. Tanpa berfikir panjang, saya buka deh link tersebut. Dan hasilnya adalah ... Sebuah riset dari Hacker Rank tentang Developer Skills 2018 dengan responsden lebih dari 30.000 Developer. Link menuju hasil riset nya disini: https://research.hackerrank.com/developer-skills/2018/ Dibawah ini adalah beberapa catatan menariknya:

Catatan pertama

Mayoritas developer sekarang memulai belajar coding nya di usia 16-20 tahun.

Kedua

Mereka lebih banyak belajar coding secara otodidak. Sebagian memulainya kampus, dan menjadi mastah melalui belajar otodidak.

Ketiga

Stack Overflow adalah favorit mereka belajar coding. Setelah itu ada youtube, buku, dan Online Course.

Keempat

Peluang untuk programmer / developer. Bahasa pemrograman diurutkan dari kebutuhan industri yang paling besar adalah JavaScript, Java, Python, C++, C. PHP Go dan Swift ada dibawah.

Kelima

Statistik framework yang paling digemari. 3 Besar ada:

Keenam

Buat kamu yang ingin bekerja sebagai programmer di perusahaan besar. Beberapa skill yang sebaik kamu latih terus menerus adalah:

Problem Solving

Problem Language Proficiency

Debugging

System Design

Performance Optimisation

Code Review Capability

Testing

Framework, dan terakhir tentang

Database Design.

Selanjutnya

Ketuju

Apasih prioritas perusahaan dalam mencari developer. Hasilnya adalah mereka mengutamakan pengalaman dan portfolio mereka. Lulusan mananya dia tidak cukup berpengaruh.

Delapan

Bahasa Pemrograman apa sih yang ingin mereka pelajari selanjutnya. 5 Terbesar adalah: